foto rame-rame

foto rame-rame
asiik'a jalan2 malam hari

Sabtu, 01 Oktober 2011

aljabar matematika

Rumus Cepat Matematika (Aljabar) Menjadi Idaman

Anak-anak sangat menyukai matematika. Mereka minta terus dikasih soal. Saya sendiri heran, mengapa mereka begitu semangat?
“Lagi Pak. Kasih soal lagi Pak!” anak-anak menantang saya.
“306 x 303 = …” saya keluarkan soal.
“Sembilan…dua tujuh…delapan belas!” jawab mereka ramai-ramai.
“Maksudnya berapa?”
“92718”
“Betul!”
Anak-anak yang terdiri dari kelas 3 sampai kelas 5 SD itu senang menemukan cara berhitung cepat perkalian ratusan kali ratusan. Bagi mereka itu adalah rumus cepat matematika yang diidam-idamkan.
Anak-anak SMA yang menjelang UN, SPMB, dan UMPTN 2008 juga tidak kalah semangat. Jika mereka memperoleh rumus matematika cepat untuk UN, SPMB, dan UMPTN maka matanya langsung berbinar-binar. Wajahnya berseri-seri.
Saya sering mengatakan kepada mereka,
”Maukah kalian dapat soal bonus?”
”Apa itu soal bonus?”
”Soal UN, SPMB, atau UMPTN yang selalu dapat kamu selesaikan dengan mudah.”
”Ya maulah…”
”Limit.”
Limit kan sangat abstrak dan sulit? Bagaimana bisa dikatakan sebagai bonus? Itulah intinya. Limit adalah ide fundamental dalam kalkulus. Karena limit sangat kaya akan variasi dan abstrak bagi orang awam, maka limit hanya diperkenalkan bagian dasar saja untuk anak tingkat SMA. Jadi limit tingkat SMA tentu yang mudah-mudah saja. Limit adalah bonus.
Sekedar contoh rumus cepat untuk limit. Kadang orang menyebut rumus cepat sebagai trik cepat, fastest solution, king of fastest, atau rumus sesat. Boleh-boleh saja.
Soal berikut ini sangat mudah. Sudah pernah diujikan untuk tes masuk ITB sejak tahun 70-an. Tetapi entah mengapa, soal limit tipe ini tetap sering diujikan sampai sekarang. Benar-benar bonus untuk kita.
Untuk limit x menuju 0 hitunglah
(tg5x)/(sin3x) = …
Bagi orang awam jawabannya sangat mudah yaitu 5/3.
Apakah Anda yakin itu jawaban yang benar?
Banyak anak-anak karena ragu, karena dirasa terlalu mudah, malah tidak mau menjawab dengan 5/3.
Mari kita diskusikan!
Untuk membahasnya kita perlu ke dasar-dasar limit trigonometri. Sudah banyak dibuktikan dalam buku-buku bahwa untuk limit x menuju 0 berlaku:
(sinx)/x = 1;
(tgx)/x = 1;



Biasanya anak-anak harus hafal rumus di atas. Bagi saya rumus ini adalah rumus cepat limit. Tetapi rumus ini beruntung. Ia tidak pernah disebut sebagai rumus sesat. Ia mendapat gelar kehormatan sebagai rumus dasar limit trigonometri.
Dengan rumus dasar limit trigonometri ini kita akan memecahkan
(tg5x)/(sin3x) =
[(tg5x)(5x/5x)]/[(sin3x)(3x/3x)] =
[(tga)(a/a)]/[(sinb)(b/b)]
dengan a = 5x dan b = 3x;
gunakan rumus dasar trigonometri:
[1.a]/[1.b] =
[5x]/[3x] =
= 5/3 (Selesai)
Kita peroleh jawaban 5/3 sesuai tebakan awal kita.
Apakah kita selalu boleh melakukan tebakan semacam itu?
Boleh.
Tebakan ini sah. Kita mendasarkan pada rumus dasar limit trigonometri dengan menambah satu langkah implikasi.
Karena (sinx)/x = 1 maka (sinx) = x;
karena (tgx)/x = 1 maka (tgx) = x.
Jadi rumus dasar trigonometri yang kita hafal adalah
sinx = x;
tgx = x.
Dengan sedikit mengubah cara pandang ini akan membawa keberuntungan besar pada UN, SPMB, UMPTN 2008. Siswa-siswa SMA, mestinya tidak asing dengan cara pandang ini. Kita telah memakai cara pandang ini ketika menghitung interferensi gelombang Young dalam fenomena fisika.
Jadi bila kita terapkan ke soal di atas:
(tg5x)/(sin3x) = 5x/3x = 5/3 (Selesai).
Rumus cepat di atas akan semakin bernilai bila bentuk soalnya semakin rumit seperti
(2x + tg3x)/(x + sin7x) =…
(2x + 3x)/(x + 7x) = 5/8 (Selesai).
Rumus cepat matematika bukan hal baru. Dalam sejarah matematika tercatat bahwa masyarakat memang mengidolakan rumus-rumus cepat matematika. Saat itu rumus-rumus cepat tidak dipandang sebagai rumus sesat. Pun yang menguasai rumus-rumus cepat adalah para ahli matematika itu sendiri.
Pada tahun 1535 Tartagtila mengikuti pertandingan berhitung cepat. Ia melawan murid dari seorang profesor matematika ternama. Tartagtila tidak begitu dikenal di dunia matematika waktu itu. Ia mempelajari matematika nyaris secara mandiri. Tetapi Tartagtila memiliki keistimewaan: ia memiliki rumus cepat untuk memecahkan persamaan polinom pangkat 3.
Aturan pertandingan itu sederhana. Masing-masing peserta menuliskan 30 soal matematika. Kemudian soal itu diserahkan kepada lawan untuk diselesaikan. Siapa saja yang mampu menyelesaikan soal lebih awal dan benar maka ia sebagai pemenang.
Setelah 2 jam pertandingan berlangsung. Tartagtila berhasil menyelesaikan seluruh 30 soal yang dihadapinya. Sedangkan lawannya belum mampu menyelesaikan soal satu pun. Tartagtila mampu menyelesaikannya karena menggunakan rumus cepat. Sedangkan lawannya tidak memiliki rumus cepat.
Tartagtila meraih berbagai kehormatan setelah pertandingan itu.
Rumus cepat adalah terhormat.
Bagaimana jika terjadi komersialisasi rumus cepat? Saya tidak tahu jawabannya.
O iya, saya jadi ingat dengan berhitung cepat yang paling awal tadi bagaimana caranya?
Bagaimana seorang anak kecil dapat menghitung 306 x 303 luar kepala?
Caranya mudah!
Bagi anak SMP sudah mengenal bahwa
(x+2)(x+3)=
x.x + (2x+3x) + 2.3 =
Mirip dengan itu caranya:
306 x 303 =
9 (dari 3×3)
27 (dari 6×3 + 3×3)
18 (dari 6×3)
Kita peroleh jawaban 92718.
Contoh lain
207 x 304 = …
6 (dari 2×3)
29 (dari 7×3 + 2×4)
28 (dari 7×4)
Kita peroleh 62928.
 
Bagaimana pendapat Anda?
Salam hangat….
(agus Nggermanto; pendiri APIQ)
APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau (022) 2008621 atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

176 Responses to Rumus Cepat Matematika (Aljabar) Menjadi Idaman

  1. Kenapa ga pake latex aja? Biasanya para pembaca akan lebih senang kalau menggunakan ekspresi matematika berbentuk latex, seperti contoh dibawah :
    1+2+3+...+n=\dfrac{n(n+1)}{2}
  2. Thanks.
    Jauh lebih bagus pakai latex.
  3. good formula……..
    doakan semoga reza lulus UAN amin……
  4. Apa sebenarnya tujuan dari APIQ, dan visi misi kedepannya apa? mohon penjelasannya. tanks infonya.
  5. Kami doakan reza fauzi lulus UAN dengan nilai terbaik…Amin…
    Visi misi APIQ:
    Mencerdaskan anak-anak melalui petualangan matematika.
    Lebih lengkap akan kami uraikan dalam tulisan berikutnya.
    Terimakasih aflah dan reza fauzi
  6. As.wr.wb. tolong saya minta rumus cara berhitung cepat. saya memerlukannya untuk saya bekerja dan untuk kegiatan di rumah tangga.
    was.wr.wb
  7. mas,tolong kirimin rumus cepat bwt un 08 dong,juga minta contoh solnya..makasi bnyak
  8. Wow keren luarbiasa.
    Tolong do’akan saya agar dapat nilai Matematika 10.
    Itu adalah impian saya
  9. Luar biasa . Tolong bantu dan do’akan saya agar dapat nilai MATEMATIKA 10. Itu adalah impian saya sejak kecil
  10. bagaimana kalau perkalian 534*234….?????
    apa jg kita pakai cr yang tadi atw ada cr laen???
    klu pakai cr yang td gmn caranya????
  11. Niat anda sangat mulia.menjadikan matematika sebagai suatu pembelajaran yang sangat ajaib dan indah..
    Namun, sebagai sesama pemerhati matematika(walaupun bukan pendidikan), alangkah baiknya jika agak sedikit dipisahkan pengertian aritmatika dengan matematika. Karena Matematika tidak hanya untuk berhitung. Sedangkan Aritmatika memang ilmu BERHITUNG
    Dan diharapkan pula agar admin bisa merinci penjelasan penurunan rumus.
    Kami khawatir siswa tidak mengerti asal-muasal(syarat penggunaan rumus) dan (bisa) asal pakai rumus, sehingga alih2 menjawab dengan benar malah menjawab dengan salah.
    seperti ungkapan sin(x)=x. Saya khawatir akan dijadikan rumus identitas, karena hal ini HANYA berlaku untuk x mendekati 0. .selanjutnya, mungkin berlanjut di edisi berikutnya..
    terimakasih
  12. cara yang bener2 Q suka…..i like this matematic
  13. Kalau yang ditengah bukan angka nol apa bisa dengan rumus diatas ??????
  14. terimakasih atas tanggapan semuanya.
    teknik d atas dg sdkt modifikasi dpt u mhitung 3 digit x 3 digit tanpa 0 d tengah.
    sy akan menulisnya pd postingan berikutnya. trims.
  15. Pak, kalau ngajarin dengan rumus cepat itu, anak-anak sebetulnya hanya hafal caranya saja (tanpa pemahaman) atau mereka sudah mengerti sebelumnya, Pak?
    Kalau hanya hafal cara, terampil mengerjakan tanpa dilandasi pemahaman, saya merasa sangat kasihan sama anak-anak.
    Kalau begitu terus, matematika serasa sangat kering, tidak bermakna. Matematika akan terus dianggap sebagai sesuatu yang prosedural, algoritmik.
  16. Setuju!
    Kita perlu memilih metode paling efektif untuk mengajarkan matematika kepada Anak.
    Learning by doing banyak membantu dalam mengajarkan matematika. Beri kesempatan anak kita melakukan sesuatu kemudian bantu mereka untuk memahaminya.
    Dengan cara ini belajar matematika menjadi lebih hidup, kreatif, dan menyenangkan.
    Trims, mathematicse!
  17. Sangat kreatif, bagus rumus cepat hanya efektif pada orang yang sudah paham konsenya
  18. (bagaimana mengerjakan dengan metode rumus cepat sbb :
    (x+2)(x+3)=
    x.x + (2x+3x) + 2.3 =
    untuk soal 215 x 312 ??
    saya ibu pekerja & ibu rumah tanggan, tapi saya suka matematika
    ditunggu jawabannya, terimakasih. Dyah
  19. saya sangat suka blog ini sangat bagus untuk orang tua mengajari anaknya ,cia yoo pak!
    jangan lupa posting cara yg lebih mudah dipahami oleh anak SD-SMP.
    thanks u All.
  20. assalamualaikum…
    akh…bentar lg fany maw UAN.rencana’y uda lu2s sma, fany mw msuk stan. uda 3x ikut TO stan, tnyata soal2 mtematka’y tu lbih bnyak logika, trus yg pling pnting adlh kcepatan ngisi’y, jd, fany mw mnta cara2 t’cepat bwt ngitung soal2 logika gtu…
    makasi sblumnya…
  21. gimana sih cara perkalian” kelas 5 susah tau ????
  22. salam sukses….matematika hanya bisa dipelajari dengan cinta,,,,karena dengan cinta segala jadi mudah.hehehe
  23. minta soal dan kunci jawaban uasbn matematika 2009 donk!
  24. mudah mudahan devi lulus uasbn 2009.amin
  25. Hi there… kl blh, blh g sy mnta soal2 math yg tricky but fun, yg bykan make logika drpda rumus, yg bs diterapkan ke soal2 math biasa di klas. buat ank2 smp3 and sma… =) thx
    Gbu
  26. micoem . . . han pngen lnjutin kuliah mnta cra cpat buat slesaiin soal logika dong . . . and aljabar
    mksh . . .
  27. good, semoga indonesia semakin maju dan beradab
  28. wawawwww…
    canggih…..
    sukses terus
  29. wuiiiiiiii……….. dasyaaaaaaaatttttt
    mau donk minta soal-soal dan cara cepat menjawabnya
  30. Good … good! Tapi tetep … intinya harus rajin latihan soal2 n menghafal rumus2 terus, ya kan???
  31. fernando mario wongkar
    Waah ! Hebat, saya adalah murid SMP kelas 2, saya akan mencoba teori ini..Trima kasih
  32. Waaaaahhhhh,hebat……
    matematika mank paling asyik deh wat d’pelajari
    apaLagi ada rumus yg prktis gtu……
    pzti org yg gak ska Matematika jd ska dch,,?!!!
    sukses terus ywh . . . . . . .
  33. aljabar adalah pelajaran yg sgt nisa sukai denga adanya trik2 yg memudah kn untk siswa2 belajar matematika nisa hrp dng sprtr in bnyk ank2/siswa suka matematika.
  34. Wah hebat y praktis bgt cra.a….
    Bleh gx qlu soal aljabar.a kluarin lbh bnyk gi…!!!
  35. luar biasa….lumayan praktis
  36. Cara-cara Anda menakjubkan, sayang banyak guru2 di sekolah lebih melakukan cara yang tidak menarik, bahkan suka membuat soal yang sangat sukar, sehingga murid2 jadi phobi matematik terutama di klas X SMA tentang Akar2 dan logaritma yang aneh2, kata cucu saya sampai jawabannya yang dijelaskan guru penuh dalam 3 whiteboard, Salam hangat
  37. Pak Hussain, Anda pasti seorang kakek yang hebat!
    Pak Hussain dengan teliti memahami kebutuhan cucunya.
    Mohon doanya agar kami di APIQ dapat menebarkan matematika kreatif kepada seluruh guru dan siswa. Sehingga matematika menyenangkan dan mengagumkan.
    Salam hangat…
  38. Selamat berbuka, cucu saya lapor hasil testnya hanya dapat 61, nilai yang tidak pernah dia raih, sebaba sejak SD selalu di atas 90, tapi ada 2 temannya yang dapat 100 namun banyak yang nilainya < 30, lain kali akan saya tuliskan soal ujiannya model akar bersusun-susun & log, gurunya mau saya kasih soal log yang nilai akarnya hanya bisa di hitung dengan GOAL-SEEK di Excel, melalui Iterasi, tapi ibunya khawatir, nanti gurunya dendam, Gimana ya dengan guru2 seperti ini ? Wassalam.
  39. sumpah saya juga lagi kesulitan belajar matematika apalagi ditambah gurunya yang kagak banget dah jd mohon solusinya donk……….
  40. Salam teman-teman semua…
    Peran guru dalam pendidikan memang sangat penting. Kita membutuhkan banyak guru yang berjiwa guru sejati!
    Terima kasih…
  41. woowwwwwww kueren abissssssssssssssssssssss
    moga ilmu ini bermanfaat, supaya cita-citaku terwujud
    yaitu menjadi children yang benar-benar smart
    ok thanksss
  42. wow .. makash ats penjelasan mamtematika aljabar.. apa lagi pake cerita
    membantu sekali buat aku yg baru duduk di kelas satu smp dan buat aku yang baru belajar aljabar di skull
    one more .. thank’s
  43. wizzit…. matematika mank seru abiss!!!
    doain aku ya biar hasil ulangan matematika ku bagus selalu???!!!
    oya… doain aku jga biar bisa kepilih ikt lomba matematika
    yg pernah bu nana (gru matematika ak di smp) beri tahu…
  44. matematika tu h keren banget si h
    duh matematika tu bener2 ajib
    gak ada yang sekeren mtk deh
  45. klo misalnya w lagi bt pasti bt w ilang klo udah ngerjain mtk
    dunia w ntu matematika
    meskipun w gak terlalu bisa mtk tapi w seneng ma ntu pelajaran soalny banyk banget teka tekinya disitu
    duh mudah mudahan w bisa jadi master of mathematika
    amien amien dh
  46. selamat sore…
    beberapa bulan yang lalu, saya melihat di website ini ada buku APIQ (ARITMATIKA QUANTUM).
    Bisa gak, saya megetahui pokok bahasan pada tiap bab dari buku itu?
    terima kasih…
  47. saya ingin sekali tahu rumus cepat aljabar karena hari selasa ini ada uts
  48. ini si kurikulum SMP pa SMA ?
    ak bru SMP ko uda susah bgt ya .
    soalnya .
    buku cetak.nya di buatin guru.a
    per-bab .
  49. ayo ayo bantu aku donk biar biza mahir Matematikaaa yayayya kan,,,,coz ku mau Unas niey gak tau apaa^^ berabekannnn
  50. maaf ya pak…,
    Coba bapak selesaikan soal di bawah ini dengan perhitungan cepat!
    501 x 207 = …
    Apakah hasilnya sesuai dengan hasil sebenarnya???
  51. 502
    203
    —- x
    101906
    501
    207
    —- x
    ….. ….. ….. ???
    Salam hangat….
  52. saya blm jls dgn maksudnya jabarkan dalam aljabar misalkan (a+b) (a+b) klu guru sy menerangkan (a x a)+(a x b)+(b x a)+(b x b) apakah rumus yg di brkan guru saya itu benar??
    saya bs tp klu srh menerangkan saya blm bs.Bagaimana solusi yg tepat?!!!!!
    Terima Kasih
  53. emg matematika 2 enak bgt ………..gw salut ma ank2 yg mnta d ksih soal lg…..
  54. saya minta bukan ini dan mengapa orang ini bodoh banget ya dodong bego gila
  55. duh mtk makin lm ko makin sulit yyyyyy padahal dluny gampang
  56. duh mtk makin lm kok makin sulit yyyyyy padahal dluny gampang dluny like/love will be hate
  57. gmmn crnya mendapatkan rumus2 singkat APIQ sy posisi di jombang jawatimur
  58. mtk menyebalkan tahu gak karna aku
    gak kesampaian mempelajarinya disebabkan suatu alasan yg menyebalkan aku meninggalkan mtk selepas smp sampe skrg q sangat menyesal waktu smanya gak ada wktu tuk memperdalam mtk ada yg bisa membantuku?
  59. salam ya untuk semuanya
  60. Cara yg fantastic….
    Kalo soal :
    306+…. =569
  61. Tolong bantu soal :
    306 + …. =569
    Ditunggu jawabannya Pak ?
    Salam/Thank’s
  62. desak gede sumastini
    bolehkkah saya lebih tahu tentang mind mapping dalam persamaan linear matk.thanks
  63. desak gede sumastini
    apakah APIQ menerbitkan buku-buku?buku2 apa saj.adakah literatur apiq untuk smp dan sma.thanks
  64. sy msh awam dgn teknik cpt diatas tp apa ada bukunya shg dpt sy pelajari sndri
  65. plizz ,,,kirim kuncinya
  66. waduu… brai… qw g seberapa paham nilai mtk qw nurun ge…
  67. Salam…
    Untuk info buku APIQ silakan klik:
    http://apiqquantum.wordpress.com/buku-karya-tulisku/
    Terima kasih….
  68. Mas,mo nanya nih,ada gak ya sofware untuk menulis ekspresi matematika seperti pada buku pelajaran sekolah? Kalo di MS Word kan ada Microsoft Equation. Nah Kalo untuk penulisan di blog gimana…? Kalo hasil penulisan di Ms Equation bisa disisipkan di blog…?
  69. tolong tampilkan cra peraktis menyelesaikan limit fungsi yg bertarap perguruan tinggi?
  70. Anda Ingin Bisa ??
    Makanya Belajar…bisa Karena Biasa dan Sering d Asah serta d Aplikasikan…
  71. Menurut hemat saya, cara cepat tidak membuat siswa menguasai matematika. Matematika adalah seni berfikir dan seni berhitung, bukan kumpulan rumus-rumus atau kumpulan resep-resep semata. Untuk menguasai matematika, siswa perlu dibiasakan mau berfikir dan bernalar secara logis dan sistematis. Mengajarkan cara cepat atau cara praktis secara instan sebelum siswa memahamami konsep yang mendasarinya justru dapat merusak motivasi belajar siswa. Siswa yang terbiasa diberi cara cepat cenderung malas ketika diajak bernalar yang rumit dan cenderung tidak sabar ketika menerima penjelasan konsep. Mereka cenderung hanya minta dikasih cara cepatnya saja tanpa mau peduli konsep dan penalarannya. Kalau hal seperti itu dibiarkan atau dilestarikan, siswa akan cenderung menjadi seperti mesin hitung saja. Di sisi lain, kemampuan siswa untuk bernalar, menganalisa, dan mensintesa yang notabene lebih utama dibandingkan menghitung justru tidak dapat berkembang jika siswa diberi cara cepat terlalu dini. Jadi harap hati-hati dalam memberikan sesuatu kepada siswa, pertimbangkan juga efek jangka panjangnya. Terimakasih dan salam eksperimen.
  72. Salam kenal mas Paijo, setuju banget dengan pendapat Anda, tetapi para guru Mat harus juga berani memperkenalkan trik2 yang kreatif dan jangan suka mmemberi soal2 yang terlalu sukar, lihat soal2 test msk PT, hampir tdk ada yang sangat rumit/ muskil, Wassalam
  73. matematika emang hebat banget dah,, apalagi kalo udah nguasai materinya.
    Oya mau tanya biar anak mau belajar matemmatika gimana ya,, sodara saya dia tuh susah banget buat belajar matematika. masih kecil baru kelas 2 SD. Sebenarnya gampang, tapi waktu dia bekonsentrasi hanya sebentar. Jadi kalo dia udah gak mau belajar, semua materi yang saya ajarkan ke dia gak masuk. Buat jawab 2 x 4 aja susah banget.
    mohon bantuannya. Trimakasih
  74. y=4 pangkat 9 pangkat P,…
    brapakah P,,..???
    tlonng d jwab dong…..!!!!!!!!!!!!
    makasi
  75. y;4 pangkat 9p,………. tlonng d jwab dong ……..!!!!!!!!!!makasi
  76. tolong beri tau cara y;4 pangkat9p,…….tlonng
    jwab dong
  77. Terima kasih Irfan atas pertanyaanya.
    Dapatkah lebih lengkap datanya?
    Dua variabel belum diketahui y dan p.
    Hanya satu persamaan diketahui y = 4^9^p
    Maka solusinya adalah trivial.
    Salam…
  78. Di FreeHarta.com anda akan mendapatkan penghasilan
    milyaran rupiah tanpa perlu bekerja keras!
    Menggunakan sistem otomatis yang pasti akan menghantarkan
    anda menjadi seorang milyuner!
  79. wow………………..matematika memang menyenangkan………tp kadang mbudreki………..
  80. akiu raiso mtk aku kangelan
  81. aku sak,iki wes iso keneok raisoi piye jeeroo kiikii,,,,,,,,, ape piye weewee,,,,,,,,,,,,,?
  82. Maaf pak saya Sholihin
    Mau bergabung juga nih
    Kalau perkalian 306 x 303 yang lalu saya sudah mengerti. bagaimana kalau angka di tengah tidak nol, misalnya 324 x 342 = ? . Apakah sama caranya.
    Hormat saya.
    Sholihin, Balikpapan
  83. Bagai mana cara menghitung cepat anak kelas2 dan 3 SD
  84. aku gg mengerti gimana kalo soal nya gak ada nol ditengahnya??? jadi gimana tuh kalau begitu
  85. boleh…….boleh……..sangat membantu tuk anak didiksaya n tambah wawasan bagi saya.
  86. Siti Nur Hasanah
    Tlong kasih cara cepat menyelesaikan sebuah soal matematika….
  87. sebenarnya saya tidak suka sama mtk semenjak saya bergabung di computer saya senang tapi kok gk ada nolnya?…
  88. saya suka banget sama mtk sukaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    banget apa lagi teman saya yang bernama epi sebentar lagi pasti ada komentarnya
  89. mnta rrumus matematiika ndd iipa UASBN klls 6 dhunkk ..
  90. saya ingin tahu apasih gunanya aljabar bagi kita semua,misalnya klu kita pintar aljabar,jabatan apa yang akan kita dapat kelak………….atau pekerjaan apasih yang kita dapat”"”"”"”"”"”"
  91. ada yg bisa ajarkan saya menjawab soal ini
    1/(2+1/(3+1/(2+1/(3+1/(2+1/(3+…)
    gimana ya caranya ??
  92. “aduh kok di sini” gk ada pelajaran saya?sih capek deh
  93. dyah ayu (ocha)
    tolong donk! rumus kelas lima sd
    soal nya sebentar lagi UAS
  94. mengapa mtmtika itu mudah n banyak org sngat tdak snag dgn pljaran mtmtika…………..???
  95. saya tanya sama dengan bpk. solikhin,,, gimana bila kedua nilai yang dikalikan iyi beda angka tengahnya,,,??? contoh ; 304 x 214 = …….???? tlg d jawab za… q pengan tau metode tercepanya….
  96. gmna klo perkalian yg di tengah bukan angka nol..????
  97. mohon do’a restunya, semoga sutris dapat lulus ujian..
  98. mantap,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
  99. asyikkkkkkk,,,,,,,,,,,,
  100. bgus jg ni rmus y tp kok lola sih…
    ckckc
  101. thanks infonya …
  102. matematika nggarai ndas ngelu :@
  103. kak demi kecintaanku pada matimatik aku inagin skolah d unev aindonesia , Karna di sana lebih banyak orang handal . tapi keinginanku terhalang hanya karna sebuah materi, kini rasa itu aku pendam sampai aku mengenal yang namanya internet , berawal dari itulah aq mulai membangun kembali cita-cita ku yang dulu ,, makasih kak,,,
  104. Nando dari cikarang
    tolong donk kasih rumus matematika aljabar pecahan
    soal itu tidak pernah bisa saya pecahkan
  105. belajar matematika sesungguhnya sangat gampang2 susah2 tergantung kita bisamemahami dan bagimana rumus2 trsb dibuat sngat rinkas jadi orang2 tidak bingung contoh yang sangat mudah tapi siswa sering bingung
    contoh.
    23^2 – 21^2=………..? pasti kita bingung iyakan ha……
    itusangat simple baget
    (23 +21) x (23 -21)
    ( 44 ) x ( 2)= 88 kalo tidak percaya coba sendiri itu baru bagus dan fun he……… prikitivu….
  106. mudah-2 an bermanfaat
  107. ow thang’s ya……………….
    kaya’nya skrng aq lbh mengerti matematika.
  108. Wah !!!Rumus nya Manjur bgt buat hitung”an cepet ..makasih rumusnya….
  109. WOOOOOOOOOOOIIIIIIII,, MMMAAAANNNNNNAAAAAA SECHHHHHHHHHHHH RUMUSSSSSSSSS NNNYYYYYAAAAAAAAAA??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? :(
  110. Pingback: aljabar | Willystresboy's Blog
  111. wah kalau di suruh cari profilnya pasti bisa dapat nilai bagus
  112. terima kasih atas pembelajaran ini salam hangat semoga sukses
  113. Mana rumusnya ?????? ini yg ada cuma cerita doang……. huuuuuuu….
  114. wow asik banget thu bang pengen ahh diajarian yang diskon diskon
  115. keren nie
    Lumayan buat tmbh2 ilmu di sekolah
    Cckckckk
  116. ni emng ny cuma bsa 3 digit ?
    klo 4 tau 5 digit atau lebih?
    klo soal ny gini 249 x 149 = ?
    klo soal di atas kn msti tngah2 nya 0 !
    klo tngh2 ny bkn 0 gmn ?
    Tolong Info nya !
  117. maaf ka saya mau tanya?
    donk ^_^
    ini yang mau saya tanya dulu sama guru -guru saya di sekolah tapi saya ga berani takut saya malah di ketawain sama teman – teman
    ini soalnya ka
    kenapa sich
    1 + 1 =2 kenapa ini ga satu
    1 x 1 =1 kenapa ini ga dua
    tx ka,maaf bukannya saya mau ngetes tapi ingin tahu kenapa hasilnya itu
    GBu
  118. ADUH MATEMATIKA EMANK BAGUS OHYA KLU BLH NANYA INI HASILNYA BERAPA?123+569
  119. HEI AKU SUKA MATEM
  120. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA…………………………………………………. NILAI KU 100 YYYYYYYYYYYYYYYYYEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
  121. runus cepat di atas memang sip,,,cuma ,,,coba kalu kita beri perubahan sedikit pada contoh penghitungan anak SD td,,,kalau kita ubah sedikit dari 306×303 menjadi 386×383 =…
    tetap menggunakan runus cepat yang dipakai tadi,,apakah hasilnya sesuai dengan hasil sebenarnya,,,?????????
    salam terhangat
    mikha
  122. bagaimana cra.y mnjwb klw ad soal kyk gniii . ..
    (9+12y) (9-12y)
    mnggungkn rumus
  123. gimana cara mempelajari aljabar saya kesulitan di aljabar
  124. aku sangat suka matematika……………………………………???????????????????
  125. Saya belum ngerti rumus Aljabar (maklum, baru 3 bulan di kelas 7 SMP)
  126. ksh tau donk jawaban dari soal berikut sama caranya juga ya…….
    jika a = 4 dan b = -1
    lanjut ke soal nya ya…..
    1. 2a+a+2ab
    gimana sich………..caranya………..???
  127. saya masih bingung dengan aljabar ( guru saya sering tidak masuk ke kelas ) . saya minta rumus al jabar ya, hehe saya masih kelas VII SMP
  128. apakah aljabar inti dari matematika? aq masih binguuuuuuuuuuuuuuuuuuuunggggggggg banget
  129. ashhh ……………..
    gag ngurus matematika ………….
    mbulet.com
  130. hy tolong kasih tau donk rumus cpat untuk matematika,,,,,,,,,
    coz bntar lgi mau mlaksnakan ujiannnnn
    please krm ke
    fb; myieftha az
  131. fabiola bdaq smp 7
    chayou ,,,
    smanqath smp 7 ,,,
    u yakin smp 7 aqan jadi is the bast ,,,
    “i luv mp 7 ”
    forever :D
  132. fabiola bdaq smp 7
    Thanqs WAt quru mtq yank dha baeq ngajarin qu mpek pinter aljabar nya ,,,
    ” i luv guru qu ”
    (qaya qu ,,, pdhal aqk budu lha )
    :D <3 :) :0
  133. kyk mna sihh bljr matematika nee ??
    bingungggg bangeeetttt ..
  134. ass”
    q mau tanya nich….gimana sich….cara megerjakan al jabar yang praktis..dan mudah diingat…..
    mohon jawabannya…..:)
    txs….
  135. doain y all bsk ak uts mtk
    doain smoga nilai nya bias gede
  136. mana nich jawabannya…………q tunggu…..
  137. Pingback: 2010 in review | APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum
  138. susah mat y AL-JABAR..
  139. semoga nanti gg kesusahan… :D
  140. kurang jelas ni kk tolong di perjelas lagi donk OK
    :D :D :D :D :D
    from : icank the jack pamulang (the jampank)
  141. Diketahui x adalah 2 digit yang nilainya 13/4 dari jumlah digit – digitnya. Jika 36 ditambahkan dgn x maka menghasilkan digit yang sama tetapi dalam bentuk kebalikannya
    mohon di jawab dan berikan caranya
  142. muhammad alaydrus
    Caranya sungguh praktis anak saya suka sekali
  143. sir.. mana rumus idamanya ….kata nya ada?????????? saya mau menghadapi ujian ne?????????????????

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar